Jalani hidup ceria penuh lifestyle

Suka Minum Kopi? Baca Fakta Kopi Ini

Kopi Panas

Salam Lifestyle Ceria,

Bagi sebagian orang, kopi merupakan teman terbaiknya, yang ada di setiap waktunya; ketika udara dingin pagi hari, malam hari atau ketika sedang lembur. Kopi panas hampir selalu ada. Tetapi bagaimanakah sesungguhnya kopi memberikan efek terhadap otak kita?

Untungnya ilmuwan telah memberitahu kita tentang hal ini. Tahukah Anda bahwa ilmuwan ternyata adalah termasuk golongan peminum kopi terbanyak? Dari fakta tersebut menimbulkan keingintahuan dari para ilmuwan untuk mengetahui efek magis dari kopi tersebut.

Fakta Kopi: 

1. Persamaan reaksi kafein itu akan terlihat seperti ini

Reaksi Kafein
Bentuk kafein mirip dengan molekul penting yang disebut "adenosin" yang mengatur fungsi otak (gambar dibawah). Kafein "meniru" adenosine dan mengikat target yang sama di otak.

Reaksi Kafein


2. Kafein akan terlihat seperti ini ketika dilihat dengan mikroskop

Kafein

Kafein secara alami membentuk kristal kecil, sekitar 0,0016 inci. Cukuplah ini sebagai perspektif terhadap kafein.

3. Waktu terbaik untuk minum kopi
Coffee Time

Itu karena kita semua dipandu oleh siklus biologis 24 jam, yang dikenal sebagai jam sirkadian. Ketika Anda pertama kali bangun otak Anda sudah dibanjiri dengan kortisol, zat kimia alami yang membantu untuk membuat Anda waspada. Jadi meskipun Anda mungkin merasa butuh kopi, Anda sebenarnya belum membutuhkan itu. Sebaiknya tunggu sampai tingkat kortisol turun terlebih dahulu.

4. Setelah Anda meminum kopi, hanya dibutuhkan sekitar 10 menit untuk kemudian bereaksi di tubuh Anda

Setelah sekitar 10 menit, konsentrasi kafein dalam darah Anda mencapai setengah konsentrasi maksimum, yang cukup berpengaruh. Kafein mencapai tingkat maksimum, membuat Anda paling waspada, setelah 45 menit. Tergantung pada seberapa cepat atau lambat tubuh Anda mampu memecah obat, Anda bisa merasakan efek kafein selama 3 sampai 5 jam.

5. Kafein bekerja dengan menghalangi efek dari regulator alami otak, yaitu adenosin

efek adenosin kafein

Pada siang hari, otak Anda secara alami membangun tingkat atas adenosin. Ketika mereka mencapai konsentrasi ambang batas, mereka mengikat reseptor khusus yang bereaksi dengan petunjuk mulai menembak untuk membuat tubuh Anda mengantuk.
Ingat bagaimana kafein memiliki bentuk mirip dengan adenosin? Ini berarti bahwa ia dapat mengikat reseptor yang sama, menghalangi efek alami adenosin. Hal ini memungkinkan stimulan otak untuk bekerja tanpa hambatan, membuat Anda terjaga dan waspada.

6. Kafein mempunyai pengaruh yang lebih banyak terhadap otak daripada minum Bir

Pengaruh Kopi Untuk Otak

7. Selain kafein, ada banyak zat-zat lainnya dalam kopi yang mungkin baik untuk kesehatan Anda
Itu karena kopi juga mengandung ratusan senyawa yang berbeda. Terdapat banyak antioksidan yang melindungi tubuh kita dari bahan kimia perusak  yang disebut "radikal bebas." Molekul-molekul ini menyebabkan penuaan dan berkaitan dengan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Penelitian NIH menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penurunan Alzheimer, Parkinson, diabetes tipe 2 dan penyakit lainnya.
Untuk diketahui: Pada kenyataannya, banyak peminum kopi juga perokok berat, peminum (miras) berat dan pemakan daging, yang mana semua itu termasuk yang merugikan kesehatan Anda.
Ini berarti bahwa data di atas disesuaikan dengan faktor-faktor risiko, sehingga Anda harus menghindari kebiasaan ini (rokok, alkohol, dan daging) jika Anda ingin kopi memiliki efek positif. Selain itu, penelitian di sini adalah tidak cukup meyakinkan untuk membuktikan hubungan sebab akibat, tapi data terbaik yang kita miliki sejauh ini (atau masih butuh adanya riset lanjutan).
Secara keseluruhan, itu berita baik bagi pecinta kopi!

8. Lebah juga menyukai kafein, untuk membantu kerja otaknya
Nektar pada beberapa bunga memiliki tingkat kafein yang rendah. Kafein baik bagi lebah juga. Studi terbaru menunjukkan bahwa kafein dapat membantu meningkatkan memori jangka panjang lebah.

9. Tetapi, Otak Anda dapat menjadi tidak sehat jika kecanduan kafein...

Pengaruh Kafein

Seperti yang Anda duga, otak pintar dan tidak begitu mudah tertipu. Dalam reaksinya, kafein memblokir semua reseptornya, membuat otak lebih banyak mengikat target daripada adenosin saja dalam mengikat target. Ini berarti bahwa dari waktu ke waktu, kimia otak Anda berubah sehingga Anda akan perlu minum lebih banyak dan lebih kopi hanya untuk memiliki efek yang sama.

10. ...Dan artinya Kafein akan menjadikan candu bagi peminumnya
Kafein adalah stimulan pada sistem saraf pusat, dan seperti obat lain, penggunaan rutin kafein dapat menyebabkan ketergantungan fisik (kecanduan). Pada tahap ini, Anda mungkin sudah dalam tahap kecanduan, sehingga sulit untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi . Jadi hati-hati mengkonsumsi.

11. Beberapa efek samping dari meminum kopi

efek samping kopi

Menghentikan konsumsi kafein secara tiba-tiba dapat menyebabkan sakit kepala yang bertahan hingga sembilan hari. Bagi mereka yang ingin berhenti minum kopi, dokter menyarankan mengurangi konsumsi secara bertahap selama empat minggu.

12. Ketika diuji coba terhadap laba-laba, kafein menyebabkan tidak sempurnanya jaring yang dibuatnya 
Pada tahun 1995 NASA menguji efek dari berbagai obat pada kemampuan laba-laba memintal jaring. Seperti yang Anda lihat hasilnya cukup mencolok. Laba-laba tidak bisa memetabolisme kafein sebaik manusia, disebabkan mereka lebih banyak dipengaruhi oleh obat.

13. Minumlah kopi, tetapi jangan terlalu banyak (berlebihan) 




Jika Anda mampu meminum kopi sebanyak 100 gelas dalam waktu 4 jam, maka Anda harus sudah hati-hati (waspada).

14. Terakhir, jangan lupa untuk memonitor kalori yang masuk dalam tubuh kita

Kalori Kopi

Jika ingin meminimalisir efek kopi, Anda bisa coba Es kopi hitam.

Ternyata eh ternyata, banyak sekali fakta kopi yang mungkin belum banyak diketahui orang2. Tentunya kita masih gapapa untuk minum kopi asal tidak berlebihan. kabar bagus, soalnya admin salah satu penikmat kopi.

Buat teman2 para penggemar kopi, ada baiknya supaya tidak melupakan olahraga karena seperti yang sudah pernah di post, kita bisa mendapatkan banyak keuntungan jika berolahraga secara teratur.

Sumber: Kaskus


@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Suka Minum Kopi? Baca Fakta Kopi Ini